https://bunghatta.ac.id//images/newspost_images/besar/umtjpg-1513678820.jpg

19 Desember 2017
Bunghatta.ac.id. Bekerja sama dengan University Malaysia Terengganu Malaysia, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Bung Hatta akan membuka program studi Ocean Enggeneering dan Teknologi Pengolahan. UMT sendiri adalah salah satu Universitas yang mejadi leader dalam bidang Ilmu Maritim di Malaysia.

Hal itu disampaikan Rektor Universitas Bung Hatta Prof. Dr. Azwar Ananda,MA di dampingi Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UBH Ir. Mas Eriza dan Kepala Bidang Kerjasama dan Promosi Temmy Thamrin,SS.M.Hum saat jumpa pers usai kunjungan Rektor ke University Malaysia Terengganu Malaysia, di ruangan Rektor, Selasa,19/12/17.

Disebutkan bahwa, selain mengunjungi mahasiswa FPIK UBH yang melaksanakan program Intership Program di School of Fisheries and Aquaculture Sciences di UMT, sekaligus meningkatkan kerjasama yang sudah ada antara Fakultas Perikanan UBH dengan School of Fisheries and Aquaculture Sciences UMT.

“Kerjasama yang sudah ada antara Fakultas Perikanan dengan School of Fisheries and Aquaculture Sciences Universiti Malaysia Terengganu akan di tingkatkan menjadi MoU dengan Universitas Bung Hatta” jelas Azwar.

Dijelaskan juga bahwa dalam kunjungan tersebut dibicarakan juga keinginan pihakt UMT agar mahasiswanya juga bisa magang ke UBH dan mengikuti program KKN-PPM Universitas Bung Hatta dan mempelajari keunikan-keunikan ikan dan sejenisnya di perairan Sumatera, kolaborasi mengajar 6-12 SKS antara dosen FPIK UBH dengan Dosen UMT. Joint research terutama untuk penelitian tentang “How to Save Maninjau” dan pihak UMT juga mengundang dosen FPIK sebagai salah satu External Examiner untuk ujian Doktoral di UMT.

Sementara itu, Dekan FPIK Ir.Mas Eriza menambahkan, juga di jajaki adannya pendampingan Program of Marine Technologi, School of Ocean Engineering UMT untuk pembukaan program studi Ocean Engineering di Universitas Bung Hatta.

“Keberadaan Universitas Bung Hatta di pinggir pantai Indian Ocean menjadi salah satu kelebihan dan daya tarik tersendiri bagi UMT” jelas Mas Eriza.

Selain membahas berbagai bentuk kerjasama antara kedua belah pihak, rombongan Universitas Bung Hatta juga berkesempatan meninjau berbagai fasilitas laboratorium dan dan kapal latih “Blue Archipilago” milik UMT.
Direncanakan juga ahli fish breeding Technology UMT Prof.Dato’ Anuar Bin Hasan akan memberikan orasi ilmiahnya tentang “Breeding technology for sustainable Aquaculture and Food Security: The Malaysian Perspective” di Universitas Bung Hatta saat acara Dies Natalis UBH bulan April 2018.